Rabu, 24 Juli 2013

25 Milyar Buat 33 Ribu Pemudik dengan Motor



Jakarta - Musim mudik tahun ini Pemerintah akan menyediakan angkutan untuk mengakomodasi motor. Sebanyak 33 ribu motor milik pemudik akan diangkut dari wilayah Jabodetabek ke tujuan pemudik di Pulau Jawa.

Untuk meminimalisir tingkat kecelakaan di jalur darat, pemerintah menganggarkan Rp 25 miliar untuk menyediakan 4 jenis angkutan untuk motor. Pasalnya, motor bukanlah kendaraan yang tepat untuk dipakai jarak jauh.

"Sekali lagi tujuannya untuk meminimalkan probabilitas kecelakaan. Jarak panjang istilahnya. Karena sepeda motor tidak didesain untuk jarak panjang," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Sosantono saat ditemui di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, seperti dikutip, Rabu (23/7/2013).

Dari keterangannya, tahun ini diperkirakan ada 24 juta pemudik dari 60% di antaranya akan mudik melewati jalur Pantura, 30% jalur Selatan, dan 10% menggunakan jalur lain. Selain itu, 55% dari 24 juta pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi, sedangkan 45% akan menggunakan angkutan umum.

Atas dasar itu, untuk mencegah banyaknya terjadi kecelakaan di jalan darat yang didominasi kendaraan roda 2, pemerintah akan menyediakan angkutan untuk menampung motor. Apa saja angkutan itu, berikut keterangan dari Bambang Susantono.

detik.com

0 komentar:

Posting Komentar